Microsot Umumkan Harga Zune HD


ZUNE-HD: Piranti pemutar media digital keluaran Microsoft


SAN FRANSISCO--Rumor seputar Zune HD yang bakal meluncur beredar cepat di minggu-minggu terakhir. Kini, konfirmasi resmi sepertinya tak jauh lagi. Microsoft diharapkan mengumumkan harga dan jadwal peluncuran hari ini.

Ternyata, piranti yang digagas Microsoft sebagai penantang Apple iPod layar-sentuh itu, masih harus ngendon hingga 15 September. Namun perusahaan rintisan Bill Gates itu telah menyatakan, Zune HD bakal dibanderol 220 juta dolar (Rp2,2 jutaan) untuk versi 16GB dan 2290 dolar AS, (Rp3 jutaan) untuk versi 32 GB.

Oleh Microsoft, Zune HD diberi seperangkat amunisi berupa layar OLED versi kapasitif(peka sentuhan tangan) berdimensi 3,3 inchi, Wi-Fi, radio HD dan sebuah browser internet. Piranti juga memiliki kemampuan menayangkan video HD. Sebagian besar fungsi tersebut disokong keberadaan sistem chipset (papan induk) tunggal berkode Tegra milik Nvidia, demikian menurut penuturan beberapa eksekutif Microsoft pada pesta GDGT pekan lalu, di San Fransisco.

Tegra menggabungkan 800-MHz ARM unit prosesor pusat (CPU), sebuah prosesor video definisi-tinggi (HD), prosesor pecitraan, prosesor audio dan sebuah unit grafis prosesor (GPU) berdaya sangat-rendah dalam satu paket tunggal. Prosesor yang berbeda dapat digunakan bersama atau mandiri dengan tetap mengonsumsi daya sangat kecil, demikian ujar Nvidia.

Nvdia sendiri telah mengenalkan sistem Tegra pada Juni lalu serta piranti-piranti yang bakal menjadi basis penggunanya. Piranti-piranti tersebut antara lain, pemutar media (video dan musik), ponsel cerdas, neetbook, tentu Zuha HD termasuk di dalamnya.

Comments :

0 comments to “Microsot Umumkan Harga Zune HD”