Extensions untuk Google Chrome Sebentar Lagi

Google sebelumnya telah mengatakan bahwa mereka berencana menawarkan fitur extensions untuk Chrome, tetapi kini kita telah mendapatkan gambaran kasar terhadap kapan keluarnya fitur tersebut. Menurut laporan Google Operating System, konferensi yang diadakan Google untuk mengakomodasi para pengembang pada tanggal 27 Mei akan memiliki sesi yang berbicara tentang pengembangan extension untuk Chrome, dan hal ini tentunya berarti kita akan melihat platform tersebut diluncurkan selambat-lambatnya pada hari itu juga. Apabila belum diluncurkan, tidak ada artinya mereka mengadakan sesi itu bukan?

Tim pengembang Chrome telah sebelumnya mempublikasikan dokumen yang menjelaskan tujuan dan panduan tentang bagaimana seharusnya sistem extension Chrome dipakai. Menurut dokumen tersebut, alasan utama untuk menambahkan extension untuk Chrome adalah untuk membuat browser tersebut lebih menarik kepada "pengguna yang datang dari browser lain yang terbiasa menggunakan extension yang dirasa wajib digunakan." (Firefox mungkin?)

Walaupun extension tentunya akan membuat browser tersebut lebih menarik untuk dipakai sebagian pengguna, tentunya Chrome untuk versi Mac juga merupakan prioritas tinggi untuk Google, dan mereka sudah menargetkan periode pertengahan tahun pertama 2009 untuk mengeluarkan Chrome versi Mac. (via Mashable)

Pangsa pasar browser Januari 2009


Dari segi popularitas, Chrome juga tampaknya cukup berhasil. Pada bulan Januari 2009, hanya beberapa bulan setelah dirilis Chrome sudah memiliki pangsa pasar browser global sebesar 1,12%, sudah lebih besar dari Opera yang menguasai 0,70% pangsa pasar. Akan tetapi statistik udaramaya sendiri sedikit berbeda, mengatakan bahwa Opera masih jauh lebih disukai oleh pengunjung kami, dipakai oleh 12% pengunjung sedangkan Chrome hanya dipakai oleh 4,29% pengunjung.

Comments :

0 comments to “Extensions untuk Google Chrome Sebentar Lagi”