5 Aplikasi untuk Mempercantik dan Melengkapi Desktop Anda

Tampilan desktop bisa merupakan segalanya bagi para pengguna komputer. Hal paling dasar misalnya dari segi tampilan saja, wallpaper bisa membantu meningkatkan mood Anda untuk bekerja atau melakukan hal lainnya. Apalagi jika desktop Anda diberi tambahan fitur-fitur canggih seperti animasi untuk shortcut, kalendar cantik, post-it atau yang lainnya, pastilah Anda akan semakin mencintai komputer Anda hingga sulit lepas darinya. Di bawah ini terdapat 5 aplikasi untuk mengutak-atik desktop Anda sampai kepada pixel terkecil, sehingga terlihat dan berfungsi sesuai keinginan Anda. Mari kita simak satu per satu.(Lifehacker)

SAMURIZE

Samurize merupakan sebuah pemantau sistem dan "desktop enhancement engine" Windows. Dengan aplikasi gratis ini Anda dapat menghubungkan file berupa teks pada desktop dan menciptakan konfigurasi desktop kustom untuk memuat informasi yang Anda inginkan pada desktop. Konfigurasi Samurize bisa menjadi sangat sederhana atau rumit, semuanya tergantung dari Anda sendiri. Walaupun butuh sedikit kesabaran untuk mempelajari Samurize, hal ini bisa menjadikan desktop Anda menjadi super keren, seperti Lightning at Sunset Desktop misalnya.

Desktop dengan Samurize

RocketDock

Mungkin ini adalah salah satu aplikasi yang sudah banyak dikenal dan digunakan oleh para pengguna Windows yang ingin mendapatkan dock ala Mac OS X pada desktop-nya. Dengan RocketDock, Anda bisa meminimalkan aplikasi menjadi thumbnail pada dock, mengedit ikon, menampilkan video secara real-time seperti pada Vista dan menjalankan aplikasi apapun dengan cepat.

RocketDock memang tidak mengubah desktop Anda secara drastis, tetapi aplikasi ini sangat mudah dikustomisasi jadi Anda bisa benar-benar membentuknya sesuai keinginan Anda. Sebagai contoh, coba baca panduan Lifehacker.

Rainmeter

Rainmeter memiliki fitur yang sedikit banyak mirip dengan Samurize. Bentuk standar Rainmeter memang terlihat biasa saja, tetapi dengan sedikit sentuhan kreatifitas, Rainmeter bisa memiliki tingkat kustomisasi yang luar biasa. Lihat di sini untuk contoh.

Emerge Desktop

Emerge Desktop merupakan sebuah framework tampilan yang akan mengganti seluruh tampilan standar mulai dari taskbar, menu utama, dan menu klik kanan Windows dengan alternatif lain. Emerge menciptakan tampilan desktop yang bersih, minimalis, serta berperan sebagai titik awal untuk kustomisasi lebih lanjut.

Screenshot Desktop dengan Emerge


Emerge bisa menjadi rekan yang ideal bagi fitur lain seperti Rainmeter atau Samurize. Untuk mempelajari cara menggunakan Emerge Desktop lebih jauh, silakan klik di sini.

AutoHotKey (AHK)

AutoHotKey adalah sebuah skrip open-source untuk Windows yang dapat melakukan banyak hal dan fitur yang terpopuler adalah memungkinkan kita untuk menciptakan shortcut baru pada keyboard kita.

Memang perlu waktu untuk menguasainya jika Anda ingin menciptakan skrip AHK Anda sendiri, tapi ini bisa menjadi langkah awal Anda untuk belajar mengenai pengkodean. Jika Anda ingin mempelajari secara singkat, Anda bisa melihat tutorial Enigma desktop dan mengunduhnya.

Comments :

0 comments to “5 Aplikasi untuk Mempercantik dan Melengkapi Desktop Anda”