Inikah OS Cloud yang Anda Inginkan?

Sebelum istilah cloud computing menjadi terminologi yang digunakan untuk mendeskripsikan segala sesuatu mulai dari web mail hingga Facebook, orang-orang sempat memimpikan kalau suatu hari OS akan menghilang dan semuanya bisa langsung dioperasikan melalui internet. Kini di tahun 2008, sebuah perusahaan yang disebut Good OS (sebelumnya mengeluarkan Rocket Linux) memperkenalkan OS baru Cloud yang langsung mengantarkan pengguna ke dalam sebuah browser (Chrome atau setidaknya berpenampilan mirip karena Chrome belum tersedia di Linux secara native) saat pertama kali boot dan hanya dalam beberapa detik. Apakah benar sistem seperti ini yang selalu kita impikan?

Cloud: OS di Dalam Browser

Dengan Cloud, artinya Anda tidak memiliki tampilan desktop. Anda menyalakan komputer dan akan langsung mem-boot (hanya dalam beberapa detik) ke dalam halaman browser yang memiliki sebuah dock dengan aplikasi-aplikasi utama yang mirip dengan Mac. Diperkenalkan pada pertemuan global Netbook di Paris baru-baru ini, Cloud adalah OS berbasis Ubuntu yang sudah dirampingkan, ideal untuk laptop ultraportable yang disebut Netbook, menurut Good OS karena cepat dan ringan. "Netbook" ini sungguh merupakan netbook dalam arti sesungguhnya dan pemberian namanya pun ditujukan karena tidak ada sistem operasi netbook lain yang bisa melakukan hal demikian.



Tidak seperti berbagai macam netbook dengan sistem operasi Linux lainnya, termasuk "gOs" milik Good OS yang tahun lalu dikemas ke dalam gPC yang sekarang sudah dihentikan penjualannya, Cloud tidak bermaksud menggantikan Windows. Tetapi, justru berjalan bersamaan. Menghadirkan sebuah pendekatan hybrid dalam komputerisasi, Cloud memberikan pengguna akses cepat untuk sejumlah aplikasi jaringan langsung dari dockseperti Gmail, kalender, peta, dokumen, blogger dan YouTube, yang bisa diluncurkan bersamaan dengan aplikasi lainnya seperti Skype.

Ketika, Anda membutuhkan untuk sesuatu yang lebih berat, seperti Microsoft Office, Anda bisa menggunakan Windows atau OS lain di komputer Anda. Menurut Good OS, Cloud cocok pada semua sistem operasi. Lihatlah demonstrasi Cloud di video di bawah ini, dan perhatikan bagaimana Cloud selesai boot hanya dalam beberapa detik saja!

Masalah Utama Cloud: Dunia Offline

Seberapa jauh internet sudah merambah dunia? Sayangnya, internet belum ada di seluruh penjuru dunia. Ambil contoh saja Indonesia yang masih sering kali mengalami masalah dengan koneksi internet. Kecepatan akses pun juga masih belum sebaik negara maju lain. Mungkin untuk saat ini, Cloud belum bisa menjadi perwujudan impian kita, tetapi setidaknya sudah menapakkan langkah pertama menuju cita-cita tersebut.(ReadWriteWeb)

Comments :

0 comments to “Inikah OS Cloud yang Anda Inginkan?”