Temukan File Dengan Cepat: Index Your Files

Apakah Anda pernah mencoba dan melakukan pencarian file dalam satu direktori atau hard drive yang berukuran sangat besar? Mungkin juga pernah berusaha menemukan satu file yang memiliki inisial nama tertentu dalam sebuah shared folder berisi ribuan bahkan jutaan file? Bagaimana Anda dapat menemukan file yang Anda mau dengan cepat?

Menggunakan fasilitas pencarian yang dikemas ke dalam Windows tentunya akan terasa sanagat lama. Menggunakan program pihak ketiga seperti Google Desktop bisa dijadikan alternatif, tetapi lebih efektif untuk pemakaian jangka panjang. Jika Anda perlu mencari file dengan cepat dalam direktori yang sangat besar, menunggu satu jam sebelum Google Desktop selesai meng-indeks seluruh direktori bukanlah solusi optimal.

Logo Index Your Files


Index Your File (IYF) adalah program alternatif yang memungkinkan Anda untuk segera mencari file di seluruh drive lokal atau jaringan. Tidak hanya cepat, namun juga portabel. Cukup salin master file ke USB drive dan segera lakukan pencarian. Sangat cocok untuk lingkungan kantor yang terhubung ke jaringan, biarkan IYF meng-indeks seluruh file pada komputer yang ada, lalu hubungkan USB drive ke komputer manapun untuk menjalankan pencarian instan.

Program ini akan menggunakan indeks yang tersimpan di USB drive saat pertama kali digunakan sehingga hasil pencarian akan ditemukan seketika. Secara otomatis IYF akan memperbarui indeks secara berkala selama digunakan.
  1. IYF memiliki dua tab yaitu "Search" dan "Index". Pertama klik "Index" dan pilih "Yes" saat ditanya apakah Anda ingin membuat indeks database baru.
  2. Klik "Browse" dan pilih drive atau folder yang ingin Anda indeks. Anda dapat membuat lebih dari satu indeks, disarankan untuk membuat satu file indeks untuk setiap folder atau drive.
  3. Setelah selesai membuat konfigurasi semua indeks, klik "Start Index" tombol di bagian bawah kiri.
  4. Proses indeks akan dimulai dan Anda dapat melihat status-nya di bagian kanan layar. Status "Idle" menunjukkan bahwa proses indeks telah selesai. Dalam "Properties" Anda akan melihat jumlah total item yang ada dalam indeks, waktu serta ukurannya.
  5. Sekarang masuklah ke tab Search dan ketik file yang ingin dicari. Anda dapat mencari dengan nama file, jenis file, tanggal, ukuran dan juga mencari kata-kata dalam file. Anda juga dapat menggunakan operator boolean (AND, OR) dalam pencarian.
IYF sangat cepat dan sangat kompak dalam ukuran dibandingkan dengan program lain. Anda dapat dengan mudah menjalankannya pada USB flash drive berukuran kurang dari 2GB. Anda dapat juga melakukan ekspor dan impor Indeks.

Sumber: http://www.online-tech-tips.com/free-software-downloads/fast-file-search-program-for-windows/

Comments :

0 comments to “Temukan File Dengan Cepat: Index Your Files”