10 Tips & Trik YouTube Terbaik

Tak dapat disangkal lagi bahwa YouTube merupakan salah satu sumber video online terbaik dunia, dan secara statistik mutlak merupakan situs video dengan jumlah pengunjung terbesar dunia. Akan tetapi, situs berbagi video ini akan menjadi sumber daya yang jauh lebih berguna dengan tambahan add-on, plugin dan aplikasi pihak ketiga. Mari kita lihat beberapa cara untuk mendapat kualitas video yang lebih baik, mengunduh video klip atau sekedar mencari video dengan lebih efisien.

10. Gabungkan Berbagai Video YouTube Tanpa Penyunting Video

Walaupun tanpa iMovie atau aplikasi penyunting video berbayar yang rumit, Anda dapat menggunakan koleksi video YouTube yang besar untuk menggabungkan beberapa video yang lucu atau berhubungan. Aplikasi gratis seperti Jump Cut milik Yahoo dapat menerima format FLV dan yang Anda unduh menggunakan aplikasi lainnya dalam daftar ini. Anda ingin menggabungkan klip milik Anda sendiri seperti BarackRoll? Hugh Atkin mengatakan bahwa ia menggunakan political video search milik Google untuk menemukan kata yang relevan.

9. Sortir Semua Link YouTube di Gmail dengan Xoopit

xoopit

Jika Anda sering mendapatkan kiriman YouTube dari teman atau kerabat, add-on Xoopit memungkinkan Anda menyeleksi dan menjalankan semua link tersebut dan menjalankannya dari Gmail.

8. Better YouTube

better_youtube

Lifehacker telah membuat sebuah extension Firefox yang mengkombinasikan berbagai fitur JavaScript buatan terbaik yang ada untuk YouTube. Better YouTube untuk Firefox memungkinkan Anda untuk mencegah video melakukan auto-play, memutar klip pada layar lebar, meniadakan latar belakang yang mengganggu dan menampilkan link unduhan pada setiap klip.

7. Download Audio dari Video

vidtomb3

Ada banyak video konser yang beredar di YouTube, banyak di antaranya tidak pernah terdengar di rimba audio. Untuk mengambil hanya audio dari video YouTube, Anda perlu menggunakan web-based converter seperti VidToMP3 atau mengikuti salah satu panduan Lifehacker untuk merekam dan mengubah video YouTube menjadi MP3.

6. Menonton Video Secara Internasional

youtuberestrict

Terkadang ada beberapa video di YouTube yang hanya boleh ditonton oleh penduduk negara tertentu (contohnya Olimpiade Beijing 2008). Untuk menembus restriksi ini, ikuti petunjuak Google Operating System blog.

5. Menjelajah Tren Video YouTube

timetube

TimeTube adalah salah satu situs yang harus Anda kunjungi. TimeTube memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian berdasarkan kata kunci tertentu dan menampilkan evolusi tren video, acara televisi maupun klip berita dari berbagai sudut pandang berbeda.

4. Gunakan Miro.

miro_google

Anda dapat mengikuti perkembangan video web melalui sebuah feed reader menggunakan pemutar cross-platform Miro untuk mengubah komputer Anda menjadi sebuah TiVo untuk video internet. Miro menyimpan apa yang telah Anda tonton dan menata segala video yang ada di komputer Anda. Dan jika Anda ingin menggunakan Miro pada TV Anda di rumah, Anda juga dapat menonton video di Miro dengan ukuran full-screen dalam format apapun.

3. Ubah Pencarian YouTube Menjadi feed

itunes_youtube

YouTube menawarkan beberapa sindikasi RSS untuk video seperti "Recently Featured," "Top Favorites Today," dan lainnya — namun tidak untuk pencarian individual. YouTube Podcaster , sebuah layanan gratis dari vixy.net membuat pencarian Video YouTube semudah mengambil dan menonton podcasts. Masukan URL pencarian Anda, salin link iTunes yang dihasilkan dan Anda video feed sesuai pencarian Anda.

2. Menonton YouTube di TV

xbox_tube

Banyak video tersedia untuk tontonan singkat, namun YouTube juga memuat klip-klip berjangkan panjang — biasanya video-video yang tersedia dalam resolusi tinggi, terlebih YouTube dalam waktu dekat juga akan mulai menampilkan film secara penuh. Jika Anda XBox atau sebuah Windows Media Center yang terhubung pada TV, Anda dapat mengubah XBox menjadi pusat media yang terintegrasi dengan YouTube atau menambahkan kemampuan YouTube pada console besutan Microsoft itu dengan Yougle yang gratis.

1. Mengunduh Video dengan Mudah

filehack

Jika Anda ingin menyimpan sebuah klip YouTube untuk kelak disunting atau ditonton tanpa terhubung tanpa koneksi internet, ada banyak cara. Pengguna Internet Explorer dapat menggunakan YouTube File Hack yang akan menyimpan video dalam format FLV. Untuk Firefox, extension Better YouTube menambahkan link "Download this video" pada halaman YouTube. Jika Anda tidak ingin dipusingkan dengan setup, maka cukup pergi ke Vixy.net dan Viddownloader untuk mengunduh klip atau ada juga aplikasi TubeMasterPlus yang kaya fitur.

Klik di sini untuk sumber artikel.

Comments :

0 comments to “10 Tips & Trik YouTube Terbaik”