AMD Tunda Fusion Hingga 2011

Dalam sebuah pengumuman yang tidak terduga, AMD minggu lalu mengatakan bahwa mereka akan menghentikan pengembangan Fusion dengan core "Shrike" 45nm yang sebelumnya direncanakan untuk debut tahun 2010 dan memutuskan untuk langsung mengaplikasikan konsep Fusion dengan CPU Llano 32nm untuk 2011. Selain itu, AMD juga mengumumkan adanya 5 prosesor baru termasuk quad-core untuk laptop dan "Orochi", sebuah prosesor untuk desktop yang diperkuat "lebih dari" 4 Bulldozer core.

Presentasi dari wakil presiden senior AMD, Randy Allen membawa pokok bahasan yang menunjukkan kalau AMD percaya bahwa mereka "harus menang dalam segmen mainstream dan value" dan "segmen konsumen dan bisnis skala kecil dan menengah". Selain itu, presentasi ini juga dimanfaatkan oleh Allen untuk mendemonstrasikan prosesor Shanghai Opteron 45nm sambil membandingkannya dengan produk Intel. Menurut Allen produk AMD ini merupakan "prosesor server terbaik di planet ini" (sekaligus membantah pernyataan Intel kalau Core i7 miliknya adalah "prosesor tercepat di planet ini"). Hal lain yang juga diumumkan dalam presentasi ini adalah produk desktop dan mobile milik AMD yang sudah dibahas sushi sebelumnya.


Prosesor Fusion 45nm yang pada awalnya dijadwalkan untuk tahun 2009, kemudian diundur ke tahun 2010 dan pada akhirnya justru dibatalkan total. Chip yang dideskripsikan sebagai kombinasi CPU + GPU dalam satu wadah Shrike ternyata hanya akan mengantarkan sedikit peningkatan dari produk-produk yang sudah ada sekarang ini dalam hal efisiensi tenaga, biaya, dan kinerja.

Oleh karena itu, AMD memilih untuk langsung memperkenalkan Fusion (mungkin tidak akan disebut sebagai Fusion lagi) pada tahun 2011 dengan versi Llano core 32nm. Allen mengatakan kalau 32nm akan menjadi teknologi yang tepat untuk memperkenalkan produk barunya. Llano akan hadir dalam 4 core (pada saat itu quad core mungkin sudah akan menjadi jumlah core yang sangat biasa), cache 4MB, dukungan memori DDR3 dan GPU terintegrasi.

Orochi juga akan menjadi prosesor desktop 32nm pertama dari AMD. Allen menekankan bahwa AMD akan mulai memproduksi prosesor 32nm pada tahun 2010, tetapi baru akan tersedia secara massal pada tahun 2011 yang artinya AMD tidak akan bisa mendahului Intel mengeluarkan prosesor 32nm apabila semuanya berjalan sesuai rencana Intel (2009).

Untuk segmen mobile, AMD akan mengeluarkan prosesor 32nm dengan kode "Ontario" yang juga akan dibuat dengan grafik terintegrasi mengikuti konsep orisinil Fusion. CPUnya akan memiliki 2 core, cache 1MB, dan dukungan memori DDR3.

Untuk tahun 2009 dan 2010, AMD akan melengkapi produk 45nm-nya dengan prosesor "Deneb" yang akan segera hadir untuk pasar desktop segmen atas beserta "Propos" yang ditargetkan untuk segmen mainstream. Selain itu, AMD juga mengumumkan 4 prosesor mobile baru, dua untuk laptop mainstream dan dua untuk ultra-portable.

"Caspian" akan menjadi prosesor mobile 45nm pertama yang ditujukan untuk laptop mainstream. Ia akan digantikan oleh "Champlain", yang menawarkan dukungan DDR3, pada tahun 2010. Untuk ultra-portable, AMD mengumumkan "Conesus" 45nm untuk 2009 dan "Geneva" 45nm dengan dukungan DDR3 untuk 2010.

AMD belum mengumumkan adanya produk server/workstation yang akan menggantikan 6 core "Istanbul" dan "Magny-Cours" dengan 8/12 core dan CPU "Sao Paulo" yang dijadwalkan luncur sebagai perkenalan pada tahun 2009/2010.(TGDaily)

Comments :

0 comments to “AMD Tunda Fusion Hingga 2011”