Adobe Umumkan Flash 10 untuk Mobile

Flash Player dari Adobe bisa jadi terpasang di 98% komputer desktop, akan tetapi mereka masih saja kesulitan untuk memasuki segmen ponsel dan hanya menyediakan Flash Lite (iPhone bahkan tidak mendukung Flash sama sekali karena membutuhkan terlalu banyak sumber daya dan tidak dioptimisasi untuk prosesor ARM11 yang digunakan iPhone).

Hal ini akan berubah sebentar lagi; di konferensi Adobe Max, Adobe bersama dengan ARM mengumumkan bahwa mereka akan membawa versi penuh dari Adobe Flash Player 10 untuk ponsel melalui Open Screen Project, inisiatif Adobe untuk mengantarkan Flash ke semua alat elektronik termasuk ponsel dan televisi.

Teknologi yang dikembangkan dua perusahaan besar ini akan menargetkan arsitektur ARMv6 dan ARMv7 yang digunakan di prosesor ARM11 dan Cortex-A yang akan datang.

ARM percaya bahwa teknologi yang dihasilkan pada akhirnya akan dikemas ke dalam "milyaran alat dari berbagai mitra seperti alat mobile kecil, platform mobile computing, televisi digital dan infotainment otomotif," tutur Ian Drew VP marketing ARM. "Kombinasi Adobe flash dan prosesor rendah daya ARM akan memberikan pengalaman internet yang fantastis kepada konsumen dalam arsitektur 32-bit terdepan dunia."

Adobe mendemonstrasikan Flash Player 10 di ponsel berbasis Windows Mobile. Michele Turner, product manager Adobe juga mengatakan bahwa versi untuk Android juga akan tersedia. Flash Player 10 untuk ponsel akan dirilis pada pertengahan tahun kedua tahun depan.

Dengan tersedianya Flash dengan kapabilitas penuh untuk alat-alat mobile, masa depan di mana internet akan dapat berfungsi secara penuh di ponsel sudah semakin mendekat! (RWW)

Comments :

0 comments to “Adobe Umumkan Flash 10 untuk Mobile”